Thursday, June 7, 2018

Ibu Hamil Membatalkan Puasanya dalam Kondisi Bagaimana ?

ClickSehat.info - Menjalankan puasa merupakan kewajiban bagi setiap umat muslim, bagi yang mampu secara fisik dan mental termasuk ibu hamil sekalipun. Namun, ada beberapa kondisi ibu hamil diharuskan membatalkan puasanya segera mungkin. Ibu hamil yang meneruskan puasa dengan kondisi yang tidak memengkinkan dapat membahayakan dirinya bahkan bayi yang ada di dalam kandungannya.


Seperti apa kondisi yang mengharuskan ibu hamil untuk membatalkan puasanya, berikut penjelasannya :
"Baca Juga : Manfaat Air Kelapa Muda Bagi Ibu Hamil
1. Dehidrasi

Dengan berpuasa sudah pasti kita akan merasakan yang namanya haus atau dehidrasi, di sini ibu hamil tidak diperbolehkan sampai mengalami dihidrasi yang berlebihan karena akibatnya akan fatal. Dehidrasi yang berlebihan akan menyebabkan ibu hamil kejang atau syok karena tekanan darah rendah

Dehidrasi yang dialami ibu hamil dapat menyebabkan bahaya bagi tumbuh kembangnya janin. Ibu hamil yang kekurangan cairan dapat menyebabkan terganggunya perkembangan janin hingga dapat menyebabkan keguguran. Oleh karena itu, penting menghindari dehidrasi selama kehamilan.

Segera batalkan puasa jika mengalami tanda-tanda dehidrasi bagi hamil :
a. Rasa Haus yang berlebih
b. Mulut dan bibir kering
c. Lelah dan mengantuk lebih dari biasanya
d. tidak buang air kecil selama delapan jam kedepan
e. Kulit kering
f. Sembelit
g. Pusing ketika bangkit dari tempat duduk
h. Mata berkunang-kunang
i. Merasa mau pingsan
j. Napas memburu

2. Mimisan 

Mimisan bagi ibu hamil merupakan bahaya yang begitu besar karena rentang ibu hamil mengalami peningkatan hormon membuat aliran darah semakin meningkat membuat pembuluh darah hidung membengkak dan gampang pecah.

Disarankan agar ibu hamil segera membatalkan puasa jika terjadi mimisan, minum air atau mengusap banyak cairan untuk menjaga selaput lendir hidung Anda.

3. Ketika bayi kurang bergerak

Menjelang trimester kedua ibu hamil mesti waspada jika bayi kurang aktif bergerak dalam kandungan, terutama sedang menjalankan ibadah puasa. Lihat juga reaksi bayi, apakah ia mulai perlahan bergerak setelah membatalkan puasa Jika memang kandungan yang dirasa kurang bergerak maka segera hubungi dokter.

4. Ibu hamil yang punya tekanan darah tinggi

Ibu hamil yang didiagnosa tekanan darah tinggi, agar segera membatalkan puasa ketika sedang mengalami gejala mata berkunang-kunang, sakit kepala, bengkak pada kaki dan tangan, sulit bernapas, mual, maka segera membatalkan puasa.

"Artikel Terkait"



  
  

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon