Tuesday, June 5, 2018

Kenali Gejala Demam Berdarah Pada Balita dan Anak

clicksehat.info - Demam berdarah merupakan penyakit yang gejalanya mirip dengan demam biasa, penderita penyakit demam berdarah mengalami nyeri luar biasa pada tulang.

Deman Berdah adalah virus yang ditularkan gigitan nyamuk khusus di musim pancaroba, diperkirakan kurang lebih seratus juta penduduk di seluruh dunia terjangkit demam berdarah dalam waktu singkat. 

Kenali Gejala Demam Berdarah Pada Balita dan Anak

Ciri-Ciri Demam Berdarah

Kenali tubuh anak dan balita anda karena lebih rentan terjangkit demam berdarah sehiggah dibutuhkan penanganan sejak dini. Berikut ciri-ciri demam berdarah:

1. Demam tinggi. Tiba-tiba demam tinggi pada anak 40 derajat celcius tubuh panas dingin, demam biasa turun kemudian kambuh lagi ini biasanya sekitar satu minggu. 

2. Lemas dan Lesu. Biasa gejala ini ditandai dengan terasa nyeri, wajah terlihat pucat disertai sakit kepala

3. Bintik-bintik merah dan ruam. Gejala demam berdarah memang bisa dikenali dengan kasat mata, adanya bintik-bintik merah pada sekujur tubuh, mudah mengalami memar.

4. Nafsu makan berkurang disertai dengan mual. Biasanya anak yang terjangkit demam berdah disertai dengan gejala bagian telapak kaki tersa gatal, batuk dan pilek menurunnya nafsu makan yang disertai dengan maul.
Baca Juga : Gejala Penyakit Tumor
Cara Mencegah Demam Berdarah

Tentunya pencegahan ini jauh lebih penting dimulai di lingkungan sekitar rumah, lebih baik mencegah daripada mengobati.

a. Membersihkan, menutup penampungan air. Bersihakanlah bak dan penampungan air minimal sekali seminggu ini untuk mencegah nyamuk berkembangbiak.

b. Jangan menumpuk sampah. Jangan pernah menumpuk sampah di halaman rumah yang dapat mengundang sarang nyamuk aedes aegypti segera buang sampah guna mencegah perkembangbiakan

c. pakaikan anak baju berlengan panjang. Pakaikan anak baju lengan panjang ketika ingin tidur biasanya nyamuk menyeang ketika malam hari.

d. Oleskan lotion anti nyamuk. Lotian anti nyamuk merupakan alternatif agar terhindar dari gigitan nyamuk demam berdarah.

Baca :

-  Menyusui Sambil Berpuasa, Apa Dampak Kesehatan Ibu dan Bayi?




Artikel Terkait


EmoticonEmoticon