Thursday, July 12, 2018

Bagaimana Mendeteksi Kesehatan Vagina dari Warna Keputihan ?

ClickSehat.info - Setiap wanita pasti pernah mengalami keputihan, baik ringan sampai tingkat berat. Dikatakan ringan jika jumlah keputihan normal terjadi.Cairan yang keluar dari vagina berperan untuk melindungi vagina agar tetap bersih, keputihan juga menunjukkan jika kondisi kesehatan wanita masih normal.
Mendeteksi Kesehatan Vagina dari Warna Keputihan

Penyebab terjadinya keputihan normal maupun tidak normal


Cairan yang keluar dari vagina merupakan keputihan yang biasanya sedikit kental, terlihat berwarna putih susu, bersih tidak ada noda serta tidak berbau. Biasanya keputihan yang keluar sedikit agak kental, ini terjadi jika akan menstruasi (pelepasan sel telur). Namun terkadang keputihan tidak normal mimiliki ciri-ciri keluar keputihan banyak dari biasanya, mengeluarkan bau kurang sedap, memiliki warna tidak bersih (warna kehijauan), selain itu terasa gatal di sekitar area vagina, nyeri, terasa panas area vagina. 

Baca Juga : Sehat Mana, Minum Air Galon atau Air Rebusan dari Keran ?

Selain itu, keputihan abnormal atau menopause yang disebabkan terjadinya penurunan kadar estrogen yang menyebabkan vagina kering, rentan mengalami iritasi dan peradangan mengeluarkan banyak keputihan.

Keputihan abnormal menjadi tanda kondisi kesehatan (penyakit)

Keputihan tidak normal bisa menjadi pertanda sedang mengalami infeksi vagina (vaginitis). tiga penyakit yang berkaitan dengan keputihan abnormal adalah:

  • Bakterial vaginosis, disebabkan karena keseimbangan bakteri dalam vagina tidak normal. Pertumbuhan bakteri anaerob di vagina berlebihan. Keputihan yang disebabkan oleh penyakit ini biasanya muncul dengan ciri-ciri berwarna putih atau keabuan, tidak kental, berbau amis, dan dalam jumlah banyak. Vagina juga terasa gatal.

  • Candidiasis, disebabkan oleh infeksi jamur Candida albicans pada vagina. Keputihan muncul dengan ciri-ciri berwarna putih dan kental. Vagina terasa gatal dan panas, area kemaluan juga bisa menjadi kemerahan dan bengkak.

  • Trichomoniasis, merupakan penyakit menular seksual yang disebabkan oleh parasit Trichomonas vaginalis. Keputihan yang keluar saat Anda mempunyai penyakit ini muncul dengan ciri-ciri berwarna kekuningan atau kehijauan, terkadang berbusa, berbau amis, dan dalam jumlah banyak. Vagina juga terasa gatal dan kemerahan.

Lalu bagaimana cara mencegah keputihan tidak normal?

Berikut ini bisa Anda lakukan untuk mencegah infeksi vagina:

- Jaga area vagina agar tetap kering, setelah mandi
- Hindari pakai pakaian yang terlalu ketat
- Bersihkan area vagina setelah buang air besar maupun buang air kecil
- Bersihkan bagian luar vagina dengan air hangat 
- Ganti pembalut dengan teratur saat menstruasi

Selain itu, sebaiknya hindari bergonta-ganti pasangan seksual, dapat menyebabkan resiko infeksi pada vagina atau penyakit menular.

Artikel Terkait :


  

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon