Wednesday, July 11, 2018

Sehat Mana, Minum Air Galon atau Air Rebusan dari Keran ?

ClickSehat.info - Sumber air minum di rumah anda berasal dari mana? tentunya masih banyak yang menggunakan air kemasan atau air keran yang direbus. kebayakan ibu-ibu di rumah menyediakan air galon khusus di masak dan minum sebagai altenatif minuman sehat di rumah. sementara ibu-ibu di rumah lebih memilih merebus air keran, Namun mana yang lebih sehat dan bersih untuk diminum? Pelajari perbandingan air galon dan air keran berikut:

Sehat Mana, Minum Air Galon atau Air Rebusan dari Keran


Air galon apakah aman?

Air minum yang dijual dalam bentuk kemasan kesannya memang lebih aman untuk diminum. Apabila dilihat dari kemasan air galon memang terlihat higienis, akan tetapi sebelum mempercayai air galon baiknya lebih teliti memperhatikan merek kemasan tersebut mendapatkan izin dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) yang telah diuji Standar Nasional Indonesia (SNI). Kemasan iir yang tidak mendapatkan izin resmi dari BPOM dan SNI berisiko mengandung jenis bakteri yang dapat menyebabkan penyakit.

Jika sudah standardisasi maka cari tahu tanggal kadaluarsanya, jangan mengonsumsi air minum yang sudah lewat masa berlaku yang telah dicantungkan di kemasan. Air kemasan dalam galon berbahan dasar plastik memang cepat terkontamidasi bakteri dan zat kimia beracun, apabila jika lama terkena panas atau paparan sinar matahari yang dapat membuat bahan kimia plastik ikut larut ke dalam air, bakteripun ikut cepat berkembang biak.

Baca Juga : Manfaat dan Khasiat Teh Biru baik untuk Kesehatan

Air Keran Apakah juga aman?

Di setiap rumah air keran berasal dari berbagai sumber yang berbeda-beda. Mata air sumur (air tanah), sungai atau danau (air PAM). Air tanah dari sumur belum tentu terjamin mutunya, perlu membawa sampel air tersebut ke laboratorium untuk diuji kualitasnya sehingga dinyatakan aman dan bersih. Jika air di rumah belum teruji jangan dipakai untuk langsung di minum, apalagi jika ada tanda-tanda kontaminasi air keruh, kekuning-kuningan.

Merebus air keran efetif membunuh bakteri?

Sehat Mana, Minum Air Galon atau Air Rebusan dari Keran

Merebus air sampai mendidih bisa membunuh bakteri dan racun, akan tetapi jenis bakteri akan tetap bertahan hidup meskipun air sudah direbus mendidih. Merebus air tidak seratus persen menjamin air aman dikonsumsi. Bakteri Clostridium botulinum bisa bertahan hidup 100 derajad Celsius ke atas, bakteri ini hidup di tanah, sungai ataupun di danau.

Tips memilih air galon dan air keran

Ada beberapa hal yang mesti dipertimbangkan untuk memilih air sehat di minum antara air keran dan galon. Apabila memilih galon sebagai air minum dalam rumah, sebaiknya membeli air dari merek yang telah terdaftar BPOM dan SNI dan memastikan belum kadaluarsa, jauh dari paparan sinar mataharai.

Sementara jika memilih air keran sebaiknya uji kualitas dulu dengan membawa ke laboratorium dinas kesehatan terdekat, jika sudah bebas bakteri, virus, racun maka rebus air sebelum di minum sampai betul-betul mendidih seratus derajad celsius.

Artikel Terkait :



  

   

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon