Wednesday, September 5, 2018

Sakit Gigi Berlubang Parah

Sakit gigi berlubang dapat diatasi dengan penanganan tepat sesuai tingkat keparahannya. Gigi berlubang merupakan salah satu tanda gigi tidak sehat. Penyebabnya adalah  plak, yaitu zat lengket di mulut yang sebagian besar tercipta akibat adanya tumpukan kuman atau bakteri. Bakteri dalam mulut rajin mengubah makanan menjadi asam. Apabila bakteri, sisa makanan yang tertinggal, air liur, dan asam dalam mulut bergabung menjadi satu, bersiap-siaplah akan munculnya plak. Dan asam pada plak pun kemudian bisa merusak enamel pelindung gigi hingga membuat gigi berlubang.

gambar sakit gigi berlubang parah


Gigi berlubang biasanya tidak akan menimbulkan rasa sakit. Namun, jika lubang pada gigi semakin membesar, memengaruhi saraf, atau menyebabkan gigi patah, lain lagi ceritanya. Sakit gigi berlubang juga bisa terjadi usai mengonsumsi makanan atau minuman yang dingin atau panas. Agar rasa sakit gigi berlubang tidak menghampiri setiap saat, ada baiknya segera mendatangi dokter gigi untuk menutup dan mengobati gigi yang berlubang.

Biasanya, dokter akan melakukan tindakan tergantung pada seberapa parah kondisi gigi berlubang Anda, seperti:

Jika lubang pada gigi masih dalam taraf permulaan, alias sangat kecil, fluoride mungkin bisa dijadikan solusi untuk membantu memulihkan enamel gigi. Caranya dengan menggosokkan fluoride berjenis cair, busa, jel, atau pernis ke gigi selama beberapa menit. Tentunya kandungan fluoride dalam perawatan ini lebih banyak daripada pasta gigi biasa.
Dokter biasanya akan menambal gigi berlubang yang pembusukannya telah melampaui tahap awal. Caranya, gigi harus dibor untuk membuang bagian yang telah membusuk. Setelah itu, gigi akan ditambal menggunakan zat seperti perak, emas, resin komposit, atau porselen.
Crown. Untuk pembusukan gigi yang lebih parah atau gigi rapuh, dokter kemungkinan akan membuatkan crown untuk menggantikan seluruh crown (mahkota) alami gigi. Crown palsu ini dapat terbuat dari emas, porselen, resin, porselin fusi logam, atau bahan lainnya.
Saluran akar diperlukan apabila pembusukan sudah mencapai bagian dalam gigi (pulpa) atau saraf yang sudah mati. Perawatan ini dilakukan dengan membuang jaringan saraf, jaringan pembuluh darah, dan setiap daerah yang busuk pada Setelah bersih, dokter gigi dapat melakukan tambalan atau memberikan crown, sehingga gigi tidak perlu dicabut.
Cabut gigi. Prosedur ini dilakukan jika pembusukan di gigi sudah begitu parah, hingga tidak dapat dipulihkan dan harus dibuang. Gigi yang dicabut akan meninggalkan ruang atau celah yang memungkinkan gigi lainnya bergeser. Oleh karena itu, jika memungkinkan, disarankan untuk membuat bridge atau gigi implan untuk menggantikan gigi yang dicabut.
Tahukah Anda jika plak penyebab sakit gigi berlubang mulai terbentuk di gigi dalam waktu 20 menit setelah makan? Jika tidak dibersihkan segera, kerusakan yang membuat gigi berlubang pun akan segera tercipta. Oleh sebab itu, yuk, cegah sakit gigi berlubang dengan rajin sikat gigi setelah makan, mengonsumsi makanan sehat, dan melakukan pemeriksaan ke dokter gigi secara rutin.

Baca Juga  : Sakit Gigi Berlubang Parah

Cara Mengatasi Gigi Berlubang Parah

1. Menyikat Gigi

Banyak masyarakat kita yang acuh tak acuh terhadap cara menyikat gigi yang benar. Masih banyak dari mereka yang menyikat gigi dengan cara yang asal-asalnya, tanpa mereka ketahui bahwa hal tersebut akan menyebabkan gigi berlubang.

Khususnya di daerah pedesaan yang masih tertinggal karena kurangnya informasi, pada akhirnya kesadaran terhadap betapa pentingnya untuk menjaga kesehatan gigi tidak dihiraukan lagi.

Sebenarnya waktu yang ideal untuk menyikat gigi iyalah pagi hari dan malam hari dengan durasi waktu berkisar antara 1-2 menit saja.Jika melakukan penyikatan terlalu lama, juga bisa memicu penyebab terjadinya lubang pada gigi anda.

Penyikatan gigi yang benar yakni dengan cara memutar-mutar. Namun, masyarakat seringkali melakukan penyikatan dengan dua arah dan terlalu keras. Hal ini apabila terus dilakukan akan menyebabkan kerusakan pada gigi. Awalnya timbul lubang yang kecil, tapi dalam jangka waktu yang lama lubang itu akan semakin membesar.

Kemudian hal yang perlu anda perhatikan adalah, pada saat usai minum soft drink dan minuman berkarbonasi tinggi, sebaiknya tidak langsung melakukan penyikatan pada gigi. Kenapa demikian? Asam yang terkandung dalam minuman karbonasi akan memicu terjadinya kerusakan yang menimbulkan lubang pada gigi.

2. Jeruk Nipis

Jeruk nipis ternyata bisa digunakan untuk meredakan sakit yang ditimbulkan oleh gigi yang berlubang. Vitamin C yang terkandung di dalamnya sangat ampuh untuk meredakan rasa sakit tersebut.

Coba anda teteskan jeruk nipis yang sudah anda peras di sendok makan. Lakukan kira-kira setiap 10 menit sekali agar tetesn jeruk nipis tersebut bisa meresap terlebih dahulu.

Hal ini akan membantu anda mengurangi rasa sakit karena gigi yang berlubang. Disarankan untuk rutin melakukan cara ini beberapa hari sampai rasa sakit benar-benar hilang, sehingga akan dapat membantu anda meringankan kondisi tersebut.

3. Garam

Manfaatkan Garam Untuk Meredakan Rasa Ngilu Pada Gigi, Cara mengatasi gigi berlubang parah bisa dilakukan dengan menggunakan garam.

Selain rasa asin yang dihasilkan oleh garam, ternyata kandungan yodium yang terdapat di dalam garam, bisa anda gunakan untuk mengurangi rasa ngilu yang ditimbulkan oleh gigi anda tersebut. Namun penggunaannya juga tidak boleh sembarangan seperti halnya mengunyahnya secara langsung.

Cara yang tepat adalah dengan melarutkan garam ke dalam air hangat sampai benar-benar larut. Kemudian anda bisa menggunakannya untuk kumur-kumur sampai anda sudah merasa lebih baik. Lakukan secara berulang-ulang dan buang sisa kumur-kumurnya. Jangan sampai tertelan, karena larutan tersebut sudah terkontaminasi bakteri.

4. Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh sangat terkenal dengan rasa asam yang ditimbulkannya. Nah, rasa asam itu mengandung vitamin C yang bisa meredakan rasa sakit atau pun ngilu pada gigi anda.

Untuk belimbing wuluh, anda bisa mengonsumsinya secara langsung. Kunyah pada bagian gigi yang berlubang tersebut agar bakteri penyebab rasa sakit bisa musnah.

Mungkin karena rasa asam yang dihasilkannya terlalu tajam, anda jadi enggan untuk mencobanya. Nah kondisi tersebut bisa diakali dengan menempelkan belimbing wuluh ke garam terlebih dahulu sebelum anda memakannya untuk mengurangi rasa asam yang ditimbulkan oleh belimbing wuluh tersebut.

Lakukan cara tersebut secara berulang setiap anda akan mengonsumsi belimbing wuluh. Alhasil rasa asam yang ada akan bisa berkurang, sehingga anda tidak ketakutan setiap kali akan memakan belimbing wuluh tersebut.

5. Cengkeh

Cengkeh termasuk kedalam golongan rempah-rempah yang diminati oleh orang Eropa. Selain itu, ternyata cengkeh mempunyai manfaat lain dalam meredakan rasa sakit atau pun ngilu pada gigi anda.

Nah, rasa sakit atau pun ngilu karena adanya kandungan antioksidan, anestesi, dan juga anti bakteri di dalamnya. Cara pengaplikasiannya cukup mudah, anda bisa menyemprotkan cairan cengkeh ke kapas atau pun tisu.

Kemudian anda tempelkan pada gigi yang berlubang tersebut, sampai rasa sakit yang ditimbulkan mereda. Akan tetapi, sebaiknya anda tetap melakukan cara ini selama beberapa hari, untuk memaksimalkan pembasmian kuman dan bakteri yang ada, sehingga rasa sakit yang ditimbulkan bisa teratasi dengan baik.

6. Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang mengandung antibiotik  sehingga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi sakit pada gigi.

Untuk mengaplikasikannya, anda bisa menghaluskannya terlebih dahulu dan tambahkan sedikit garam. Setelah itu anda bisa mengoleskannya ke bagian gigi yang sakit.

Lakukan cara ini secara teratur dalam beberapa hari, sampai rasa sakit benar-benar sudah tidak dirasakan lagi. Cara ini mungkin cukup efektif untuk anda gunakan, namun jika rasa sakit tidak kunjung hilang, disarankan untuk konsultasi pada dokter gigi terdekat, agar bisa mendapatkan pertolongan pertama, sehingga tidak terjadi hal-hal yang lebih buruk atau pun fatal.

7. Bawang Merah

Bawang merah juga merupakan salah satu bumbu dapur yang bisa dimanfaatkan untuk mengurangi rasa sakit pada gigi yang berlubang karena kandungan antiseptic dan juga antimikroba di dalamnya.

Anda bisa mengunyahnya secara langsung, terutama kunyah pada bagian gigi yang terasa sakit tersebut sampai rasa sakit benar-benar hilang.

Memang rasa khas dari bawang merah yang sedikit agak pedas akan sedikit membuat anda menjadi tidak nyaman, namun hal itulah yang akan meredakan rasa sakit yang ditimbulkan oleh gigi berlubang tersebut. Lakukan proses tersebut beberapa kali dalam waktu beberapa hari sampai rasa sakit benar-benar hilang. Namun jika dalam beberapa hari tak kunjung reda, maka segerahlah konsultasi dengan dokter gigi terdekat.

8. Daun Jambu Biji

Daun Jambu Biji Yang Masih Muda, Cara yang satu ini cukup popular di kalangan masyarakat. Daun jambu biji muda memang terbukti bisa meredakan rasa sakit pada gigi.

Anda bisa mengunyahnya secara langsung pada bagian yang sakit ataupun merebusnya terlebih dahulu, kemudian gunakan untuk kumur-kumur selagi masih dalam kondisi hangat-hangat kuku.

Selain itu jika anda malas untuk mengunyahnya, anda bisa menghaluskannya terlebih dahulu dengan cara menumbuknya secara langsung atau pun menggunakan bantuan peralatan dapur seperti blender.

Selanjutnya anda bisa menempelkannya secara langsung ke bagian gigi anda yang berlubang. Diamkan beberapa saat agar kandungan zat yang ada dalam daun jambu biji bisa bereaksi terlebih dahulu, sehingga bisa meredakan rasa sakit terlebih dahulu.

Baca Juga : Cara Mengatasi Kulit Berminyak, Sensitif dan Berjerawat

Selain itu ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah terjadinya gigi berlubang, penjelasannya sebagai berikut :


1. Bersihkan Gigi Dan Mulut

Menjaga kebersihan merupakan salah solusi terbaik untuk melakukan pencegahan gangguan-gangguan pada mulut dan juga gigi. Untuk itu sangat dianjurkan bagi anda agar selalu menjaga kebersihan mulut dan gigi setelah selesai makan. Karena bakteri-bakteri sisa makanan yang menjadi penyebab timbulnya lubang pada gigi.

2. Hindari Makan Makanan Yang Manis

Makanan yang terlalu manis memang tidak baik bagi kesehatan, tanpa terkecuali untuk gigi. Banyak orang yang belum tau bahwa gula merupakan salah satu penyebab gigi bisa menjadi mudah berlubang. Sebaiknya anda mengurangi makanan atau pun minuman yang mengandung banyak gula atau pemanis lainnya.

Segeralah melakukan penyikatan jika perlu, dan perhatikan sela-sela pada gigi di depan cermin untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Sehingga diharapkan sisa-sisa gula yang ada bisa terangkat dan tidak mengendap di permukaan gigi.

3. Penyikatan Gigi Secara Teratur

Frekuensi sikat gigi yang tidak teratur akan memicu kerusakan permanen yang terjadi pada gigi. Jika anda malas melakukan sikat gigi, tentunya bakteri-bakteri yang ada karena sisa dari makanan yang kita konsumsi akan membuat gigi kita menjadi rapuh. Tentunya kejadian semacam ini akan memicu mudahnya timbul lubang pada gigi anda.

Untuk itu sikat gigi secara teratur setiap hari dengan frekuensi 2 kali dalam sehari sangat diwajibkan guna membunuh bakteri yang ada dan juga mencegah gangguan-gangguan pada gigi seperti halnya timbulnya lubang pada gigi yang lama kelamaan akan membesar.

Dapat diambil kesimpulan bahwa cara mengatasi gigi berlubang parah sudah saya ulas dan jelaskna secara rinci dan detail sehingga bisa anda jadikan sebagai bahan referensi dalam upaya mengatasi gigi berlubang. Sampai disini dulu ya artikel kali ini yang membahas mengenai cara mengatasi gigi berlubang parah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.


Sumber : alodokter.com, halogigi.com

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon